Star Performance dan Dorongan Berprestasi

Motivasi Star Performance

Orang-orang yang memiliki motivasi tinggi ini oleh Goleman disebut sebagai star performance. Mereka ini biasanya memiliki dorongan berprestasi, berkomitmen tinggi, berinisiatif, dan selalu optimis.

Dorongan Berprestasi

Kata Jim Ryan Motivasi merupakan sesuatu yang membuat anda mulai melangkah. Sedangkan kebiasaan adalah apa yang membuat anda terus melangkah/motivation is what gets you started. Habit is what keeps you going. Dorongan ingin berprestasi inilah yang membedakan antara orang yang berani dan orang yang takut melangkah. Pemberani selalu siap menghadapi kegagalan dan siap menang. Penakut takut gagal dan selalu menerima menjadi orang yang kalah dan pasrah sebagai warga yang terpinggirkan. Orang-orang yang berprestasi selalu berusaha mencari keunggulan meskipun standar keunggulan itu dirinya sendiri.”

Mereka yang memiliki dorongan berprestasi ini biasanya memiliki kecakapan :

  1. Berorientasi pada produk dan bukan sekedar mengejar status.
  2. Menyukai tantangan dan berani mengambil resiko.
  3. Memanfaatkan informasi dalam pengambilan keputusan.
  4. Terus berusaha meningkatkan kinerja.

Orang-orang yang ingin berprestasi tidak mudah putus asa bila mengalami kegagalan. Dengan kegagalan, dia mendapatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman. Otaknya terasah untuk mencari solusi atas kegagalan itu. Dengan keberanian dan kreatifitas tinggi, orang-orang semacam ini mencapai keberhasilan meskipun mungkin saja prestasi sekolahnya rendah. Dengan mengasah kecerdasan emosi, kecerdasan sosial, maupun kreatifitas akhirnya toh menjadi orang yang berhasil. Hendry Ford si raja mobil itu pernah mengalami kebangkrutan lima kali dalam usahanya itu.

 

Lasa Hs.

Anggota Pengurus Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah

published by RISALAH JUMAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *