Jangan Terlena Dengan Dunia

Dunia merupakan kenikmatan yang menipu. Betapa banyak manusia terjerembab ke dalam jebakannya yang membinasakan. Tak jarang kita jumpai manusia berkubang di dalam lumpur dosa tak lain beralasan mengejar dunia. Maka syariat ini memberikan dorongan kepada umatnya untuk tidak tertipu dengan dunia ini. Rasa kagum yang berlebihan terhadap dunia merupakan salah satu sebab tamaknya seseorang terhadap dunia.

Marilah kita perhatikan bahwa Allah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana telah memerintahkan Nabi-Nya untuk bersabar bersama orang-orang yang senantiasa berdoa kepada Rabbnya dan tidak menoleh kepada perhiasan dunia. Allah berfirman :
“Dan sabarkanlah dirimu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Rabb mereka di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya. Dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan dunia. Dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingat Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan keadaannya itu melewati batas.” (QS Al Kahfi :  28).

Hal ini juga terkandung di dalam firman-Nya :
“Dan janganlah engkau tujukan kedua matamu kepada apa yang telah Kami berikan kepada golongan-golongan dari mereka, sebagai bunga kehidupan dunia untuk Kami uji mereka dengannya. Dan karunia Rabb kamu adalah lebih baik dan lebih kekal.” (QS Thaha : 131).

Dalam ayat ini Allah perintahkan Rasul-Nyan secara khusus dan seluruh kaum muslimin secara umum untuk tidak tergiur, terlena, dan tenggelam dalam kehidupan dunia yang menyebabkan lalai dari kampung akhirat.

Bahkan dalam ayat lain Allah mencela mereka yang mementingkan kehidupan dunia dan lupa terhadap akhiratnya.
“Sekali-kali janganlah demikian, sebenarnya kalian (hai manusia) mencintai kehidupan dunia. Dan meninggalkan (kehidupan) akhirat” (QS Al Qiyamah : 20-21).

Inilah bimbingan dari Allah Dzat Yang Maha Mengetahui maslahat makhluk-Nya: bersikap zuhud dari dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *