Belajar dari Alam : Muhammad Kecil dan Kekuatan Aktifitas Alam

Keseharian yang rutinitas dirasakan semua insan, namun rutinitas yang berpola terkadang membuat kehidupan nampak datar. Sehingga kehidupan yang datar diperlukan temuan-temuan yang kreatif agar dapat memberikan hiasan keindahan pada kehidupan yang dilalui semua insan. Seringkali improvisasi-improvisasi yang dilakukan semua insan, untuk dapat mengisi suasana kehidupan yang mengejutkan, dilakukan dengan kejutan pula. Namun, saat ini kita perlu segera merapihkan setiap kejutan-kejutan itu mengarah pada hal-hal yang positif. Hal-hal yang positif itu bisa kita namakan “ kekuatan pengembangan karakter”. Darimana sajakah munculnya kekuatan tersebut???. Banyak cara sudah kita lakukan untuk membangkitkan kekuatan, kekuatan itu kali ini bisa kita munculkan melalui alam sekitar.

Alam sekitar merupakan guru yang memberikan pelajaran pada setiap insan. Tatkala Nabi kita Muhammad mengawali masa kecilnya tinggal di perkampungan bani sa’ad, Melalui alam lah Nabi kita pun belajar. Lalu kali ini dengan kondisi tempat tinggal kita yang minim sekali alam yang asri. Bagaimana cara menghidupkan kembali suasana alami untuk pembelajaran setiap insan???. Ada beberapa hal sudah dilakukan oleh para praktisi pendidikan antara lain :

Menciptakan suasana pendidikan berbasis alam, kali ini terkenal dengan sebutan “Sekolah alam”. Sekolah yang menjadikan alam sebagai lingkungan belajarnya yang alami.
Menciptakan suasana pendidikan berbasis Kebon, kali ini terkenal dengan sebutan “ Sekolah Komunitas KebonMaen”. Sekolah yang menjadikan kebon-kebon sebagai lingkungan belajar yang alami pula.
Menciptakan suasana pendidikan berbasis terpadu, kali ini terkenal dengan sebutan “Sekolah Terpadu”. Sekolah yang menjadikan paduan setiap unit pelajaran pada kehidupan nyata.
Menciptakan suasana pendidikan yang mempunyai kegiatan pramuka dan pencinta alam. Sekolah yang menjadikan anak-anak cinta pada lingkungan dan membangun ketrampilan hidupnya.

Semua itu tidak lepas pada alam yang dijadikan guru untuk anak-anak. Maka, ada irisan yang jelas untuk membangkitkan KEKUATAN, yakni melalui alam. Namun, kenapa alam kali ini menjadi kesepakatan sosial yang dilakukan oleh dunia pendidikan sebagai sarana membangkitkan kekuatan. Karena alam merupakan pembelajaran yang nyata pada kebesaran Allah sang maha pencipta, Firman Allah Ta’ala yg artinya “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi silih bergantinya malam dan siang bahtera yg berlayar di laut membawa apa yg berguna bagi manusia dan apa yg Allah turunkan dari langit berupa air lalu dgn air itu Dia hidupkan bumi setelah matinya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan dan pengisaran angin dan awan yg dikendalikan di antara langit dan bumi; sungguh terdapat tanda-tanda bagi kaum yg berakal”.

Selamat berjuang para pengasuh pendidikan, terus berkarya dan terus memberikan teladanmu di setiap alam ini memberikan teladan. Selalu berikan kekuatanmu secara maksimal agar anak-anak di generasi berikutnya mempunyai mental yang kokoh seperti alam yang kokoh…

-Kak Dodo-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *