Komputer dan Pengelompokannya

Komputer tidaklah asing lagi di pendengaran kita. Dimana saja mulai dari perkantoran, sekolah-sekolah hingga toko-toko dapat kita jumpai yang namanya komputer. Hal tersebut dikarenakan faktor pentingnya penggunaan komputer untuk memberikan kemudahan yang cukup besar dalam kehidupan kita. Semua kalangan mulai dari muda sampai yang tua sudah kenal yang dinamakan komputer itu dan bahkan sebagian besar dari mereka sudah dapat mengoperasikan dengan baik apa yang dinamakan oleh komputer.

Artikel ini akan menjelaskan secara lengkap dan jelas pengertian komputer beserta penggolongan dari komputer. Pengertian komputer sendiri sangat banyak sekali menurut beberapa ahli. Dulu, penggunaan kata komputer sendiri digunakan untuk menggambarkan orang yang mengerjakan perhitungan aritmatika baik dengan menggunakan alat bantu maupun tidak. Tentunya, pengertian komputer tersebut sudah tidak berlaku lagi untuk saat ini karena perkembangan teknologi.

Kata komputer dikenal dari dua bahasa, yaitu berasal dari bahasa latin yaitu “computare” yang artinya “menghitung” dan juga berasal dari bahasa inggris “compute” yang artinya juga “menghitung”. Walaupun demikian, namun arti yang terkandung sama yaitu menghitung. Semakin berkembangnya teknologi membuat pengetahuan tentang ilmu komputer semakin luas. Oleh karena itu, pakar dan peneliti teknologi memiliki persepsi yang sedikit berbeda mengenai pengertian komputer sendiri.

Pengertian Komputer dari berbagai pakar teknologi adalah sebagai berikut :
Menurut Hamacher arti komputer merupakan suatu mesin elektronik yang mampu menerima informasi imput digital secara cepat yang kemudian diproses sesuai dengan program yang telah ada didalam memori komputer tersebut, dan dihasilkan suatu output yang berupa informasi hasil dari proses sebelumnya.
Definisi komputer menurut Blissmer adalah alat elektronik yang memiliki kemampuan dalam melakukan penerimaan informasi input, pemprosesan input tersebut berdasarkan program yang telah ada, menyimpan beberapa perintah beserta hasil pengolahannya dan juga mampu mengeluarkan informasi output berupa informasi.
Menurut Fouri, komputer merupakan suatu proses pengolahan data yang bisa melakukan proses perhitungan besar dalam jangka waktu yang cepat termasuk didalamnya perhitungan aritmatika dan pengoperasian logika tanpa adanya campur tangan dari manusia.
Pengertian komputer : alat yang dapat melakukan perhitungan aritmatika
Pengertian komputer menurut Sanders adalah suatu sistem elektronik yang digunakan dalam memanipulasi suatu data secara cepat dan tepat yang dirancang agar dapat menerima dan menyimpan data input secara otomatis kemudiaan memprosesnya dan dapat menghasilkan output berdasarkan program-program yang telah tersimpan dalam memori komputer tersebut.
William M. Fouri dalam bukunya yang berjudul The Computer The Tool Of Busines mendefinisikan komputer adalah suatu pemprosesan data (data processor) yang mampu untuk melakukan perhitungan yang sangat besar secara cepat dan tepat termasuk didalamnya perhitungan aritmatika besar atau operasi logika tanpa adanya campur tangan manusia selama proses berlangsung hingga hasil /output terbentuk.
Arti komputer menurut Gordon B. Davis menurut bukunya Introduction To Computers adalah suatu alat khusus yang digunakan untuk menghitung yang memiliki sifat tertentu secara pasti.

Pengertian komputer dari berbagai pakar teknologi tersebut sudah cukup untuk menjelaskan komputer. Akan tetapi, jika kita telusuri akan lebih banyak lagi pakar yang mengartikan komputer secara berbeda-beda. Tapi, pada umumnya kita dapat menarik kesimpulan mengenai definisi komputer yaitu suatu sistem elektronik yang mampu melakukan beberapa hal diantaranya :

  1. Penerimaan input,
  2. Pengolahan input,
  3. Pemberian informasi,
  4. Penggunaan program  yang telah ada di dalam memori komputer tersebut,
  5. Penyimpanan program dan hasil dari pengolahan,
  6. Dan pengerjaannya dengan otomatis.

    Dari hasil kesimpulan pengertian komputer tersebut ada tiga hal yang sangat penting untuk suatu komputer dimana tiga hal tersebut sudah mewakili fungsi komputer secara keseluruhan. Adapun tiga hal penting tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • imput data
  • Olah data
  • Output data

    Alat-alat yang dibutuhkan sebuah komputer dalam melakukan penginputan data antara lain yaitu mouse, keyboard, kamera digital, scanner dan lain sebagainya.

    Sementara pada pengolahan data, sebuah komputer diharuskan untuk dapat melakukan manipulasi data menjadi suatu bentuk yang lebih berguna dan berarti. Sedangkan informasi sendiri adalah hasil yang diperoleh dari proses pengolahan data yang berupa bentuk yang lebih berguna dan bermakna dari suatu fakta yang ada. Sehingga, suatu komputer harus dapat melakukan pengolahan data elektronik, namun tentu saja proses pengolahan tersebut bergantung terhadap besar tidaknya kemampuan software dan hardware yang ada dalam komputer tersebut. Sementara pada output data, alat yang dapat digunakan salah satunya yaitu printer.

    Pengertian Komputer : Pengelompokan Jenis komputer
    Setelah menjelaskan pengertian komputer, artikel ini juga menjelaskan penggolongan jenis-jenis komputer yang didapat dari berbagai sumber. Adapun pengelompokan jenis artikel tersebut didasarkan pada beberapa hal diantaranya adalah sebagai berikut :

    1.  Pengelompokan komputer didasarkan pada data yang diolah,
    Jenis komputer berdasarkan data yang diolahnya dapat dikelompokkan menjadi :
    Komputer Digital
    Komputer Analog
    Komputer Hybrid

    2.  Pengelompokan komputer didasarkan pada tujuan penggunaannya
    Berdasarkan tujuan dari penggunaannya, jenis komputer dibagi:
    Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer)
    Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer)

    3.  Pengelompokan komputer didasarkan pada kapasitas/ukurannya
    Apabila didasarkan pada ukurannya, komputer dapat dikelompokkan menjadi :

    Komputer Mikro (Micro Computer)
    Komputer mikro termasuk jenis komputer yang berukuran paling kecil
    Komputer Mini (Mini Computer)
    Komputer Kecil (Small Computer)
    Komputer Menengah (Medium Computer)
    Komputer Besar (Large Computer)
    Komputer Super (Super Computer)

    4.  Pengelompokan komputer didasrkan pada Generasinya
    Berdasarkan generasinya, jenis komputer dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu diantaranya :

    Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
    Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
    Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
    Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang)
    Komputer Generasi Kelima

    Itulah pengertian komputer beserta pengelompokannya, akan tetapi dengan berjalannya teknologi bukan tidak mungkin pengertian komputer ataupun pengelompokannya akan mengalami perubahan sesuai dengan konteks yang terjadi nantinya. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *