Pengertian Negara Beserta Syarat Adanya Suatu Negara

Negara merupakan suatu tempat dimana terdapat beberapa kelompok masyarakat di dalamnya yang memiliki kekuasaan dalam bidang ekonomi, politik, social, budaya dan militer. Syarat utama adanya suatu Negara menurut Mac Iver ada tiga, yaitu adanya wilayah, penduduk atau masyarakat, dan pemerintahan yang mengatur. Yang dimaksud wilayah disini adalah tempat dimana masyarakat atau penduduk yang ada bertempat tinggal dalam batas dan periode yang jelas. Meliputi wilayah daratan dan wilayah perairan.

Pengertian Negara | Wilayah Kekuasaan
Sedangkan penduduk adalah orang yang bertempat tinggal di dalam suatu wilayah dan periode atau waktu tertentu sehingga dapat dikatakan sebagai anggota dari suatu Negara. Dan pemerintahan adalah suatu suatu kelompok dari masyarakat yang dipilih untuk mengatur jalannya kegiatan-kegiatan kenegaraan. Penguasa tertinggi dalam suatu Negara adalah pemerintahan.Pengertian Negara selanjutnya juga dapat dikatakan bahwa seuatu wilayah atau tempat dimana di dalamnya terdapat suatu aturan yang mengikat bagi setiap individu yang ada didalmnya. Jika suatu individu tidak mengikuti aturan yang telah ditentukan, maka individu tersebut tidak dapat dikatakan sebagai anggota dari suatu Negara.

Selain syarat utama diatas, terdapat juga syarat sekunder tentang adanya suatu Negara adalah dengan adanya atau mendapat pengakuan dari Negara lain. Dengan begitu kedaulatan suatu Negara dapat diakui agar suatu waktu ada negra lain yang hendak menjajah maka tidak akan bisa. Contohnya, Indonesia sudah merdeka dan sudah mendapat pengakuan dari Negara lain, maka Negara-negara yang sudah pernah menjajah Indonesia sebelumnya seperti Jepang dan Belanda tidak dapat kembali menjajah Indonesia

Jumlah Negara di dunia belu diketahui dengan jelas, sebab masih terdapat beberapa Negara yang secara resmi belum jelas kedaulatannya. Untuk itu terdapat juga beberapa syarat tambahan selain syarat utama dan sekunder. Jika suatu Negara sudah memneuhi syarat utama dan sekunder, hal selanjutnya adalah harus memenuhi syarat kedaulatan di dalamnya. yaitu suatu Negara harus dapat mengakui persamaan haka antar manusia atau HAM masyarakat di dalamnya. kemudian suatu Negara harus mempunyai upaya pertahanan dan keamanan seperti pasukan militer yang bertugas ketika ada serangan dari luar Negara yang tidak terduga. Kesetaraan ekonomi suatu Negara juga harus sejajar dengan Negara lain agar dapat bersaing secara sehat dalam berbagai bidang kehidupan terutama masalah system pemerintahan, social dan ekonomi. Dan yang terakhir adalah harus merdeka atau bebas dari penjajahan bangsa lain. Ini merupakan syarat mutlak atau yang harus dilakukan suatu wilayah yang ingin disebut Negara.
Pengertian Negara Menurut Beberapa Ahli
Pendapat para ahli tentang pengertian Negara Antara lain, yaitu:
Menurut Karl Max yaitu suatu alat yang digunakan oleh manusian yang lebih kuat atau yang disebut penguasa untuk menindas kaum manusia yang dibawahnya.
Menrurut John Locke pengertian Negara adalah suatu badan atau organisasi yang dibentuk melalui kesepakatan bersama masyarakat di dalamnya.

Menurut Max Weber Negara merupakan suatu monopoli yang sah digunakan oleh suatu kelompok masyarakat yang berada dalam suatu wilayah tertentu.
Menurut Roger F.Soleau pengertian Negara adalah suatu wadah yang memeiliki kekuasaan untuk mengatur masalah-masalah yang ada dalam suatu wilayah beserta masyarakat didalamnya.
Menurut para ahli dari Indonesia sendiri yaitu prof. Miriam Budiardjo mengatakan behwa Negara adalah organisasai yang berada dalam suatu wilayah yang memiliki kekuasaan untuk memaksa kekuasaan lain untuk menghimpun tujuan dan cita-cita bersama. Sedangkan pengertian Negara menurut Prof. Mr. Soenarko adalah suatu organisasai yang menempati wilayah tertentu yang memiliki kekuasaan yang mengatur secara penuh kedaulatan didalamnya. Jadi pengertian Negara disini adalah suatu organisasi yang bertempat di suatu wilayah yang memiliki kekuasaan untuk mengatur.

Sedangkan Pengertian negara ditinjau dari empat sudut yaitu:
1.   Negara sebagai organisasi kekuasaan
Negara adalah organisasi kekuasaan yang memiliki kekuasaan untuk mengatur masyarakat di dalamnya agar bertindak atau bersikap sesuai dengan tujuan dan kehendak negera tersebut. Pada hakekatnya Negara sebagai organisasi kekuasaan adalah suatu kerja sama yang membuat beberapa kelompok masyarakat yang ada di suatu wilayah dapat dikendalikan sesuai dengan organisasi yang mengaturnya dalm hal ini pemerintahan yang mangatur

2.   Negara sebagai organisasi politik
Negara adalah organisasi politik yang berintegrasi dengan kekuasaan politik atau organisasi pokok politik kekuasaan. Jadi Negara merupakan alat untuk mengatur dan menjaga ketertiban masyarakat sesuai system hokum yang dilakukan dari suatu pemerintahan yang berkuasa. Selain itu juga mengatur hubungan antar manusia dan personalan-persoalan yang yang muncul di masyarakat.

 3.   Negara sebagai organisasi kesusilaan
Negara adalah organisasi kesusilaan, yang dimaksud organisasi kesusilaan disini adalah Negara sebagai penjelmaan dari beberapa individu yang menjadi satu ikatan dan kekuasaan bersama dalam suatu wilayah. Jadi adanya pemisahan kekuasaan bukanlah tanda adanya suatu Negara melainkan hal yang menyebabkan lenyapnya suatu Negara. Sehingga secara jelas pengertian Negara disini adalah suatu organisasai yang mengatur tata tertib setiap individu dalam masyarakat dan bernegara, sedangkan individu sendiri tidak dapat melakukan kegiatan atau berbuat sekehendaknya sendiri.

4.   Negara sebagai integrasi antara pemerintah dan rakyat
Negara adalah integarasi Antara pemerintah dan rakyat dimana kedua obejk tersebut merupakan kesatuan bangsa dalam mengatur Negara. Terdapat 3 teori penting tentang pengertian Negara menurut Prof. Soepomo, yaitu

Teori Indivualistik
Yaitu suatu hukum masyarakat yang diperoleh dari kesepakatan bersama antar setiap individu yang menjadi warga Negara atau anggota suatu Negara yang memiliki prinsip kebebasan dan kepentingan bersama.

Teori pengolongan atau Kelas
Yaitu suatu alat yang digunakan oelh golongan yang memiliki kelas atau kekuasaan paling tinggi untuk menindas kelas dibawahnya atau yang memiliki ekonomi lemah.

Teori persatuan
Yaitu teori yang menyatakan semuah anggot di dalam suatu masyarakat adalah sama dimata Negara sehingga, lebih mengutamakan persatuan masyarakat yang terorgaisasi secara integral mengatasi kepentingan umum dibanding kepentingan individu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *