Pengertian Kesehatan dan Konsep Sehat-Sakit

Pengertian kesehatan, kesehatan merupakan hal paling penting bagi hidup manusia. Terutama untuk melakukan berbagai aktivitas seperti, bekerja dan aktivitas sehari-hari lainnya yang menuntut sesorang harus berada dalam keadaan sehat. Tapi bagaimana keadaan sehat itu sebenarnya?
Aktivitas sehari-hari: mengangkat beban
Banyak sekali berbagai pengertian kesehatan. Salah satunya dari organisasi kesehatan dunia saat ini yaitu WHO, menyatakan bahwa pengertian kesehatan adalah tubuh sejahtera baik dilihat dari segi fisik, mental atau psikologis dan social serta terbebas dari berbagai penyakit dan kelemahan.

Sedangkan menurut UU Kesehatan RI No. 23 Tahun 1992 menyatakan bahwa, pengetian kesehatan adalah suatu keadaan yang sejahtera baik badan, jiwa dan social yang memungkinkan seseorang untuk hidup produktif secara social maupun ekonomi.

Dari dua pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa sesorang dapat dipahami pengertian kesehatan bahwa dikatakan sehat apabila sesorang sudah mempunyai tiga aspek kesehatan yaitu aspek fisik, mental dan social. Aspek fisik disini adalah sesorang dikatakan sehat fisik atau jasmani jika dilihat dari luar semua organ tubuhnya berjalan dengan baik atau normal, misalnya dari penampilannya yang rapi dan sesuai, kemudian bentuk tubuh yang ideal, tidak gemuk atau kurus, memiliki pola hidup yang teratur dan yang pasti tidak memiliki keluhan bahwa seseorang menderita sakit.
Olahraga merupakan latihan memperkuat kesehatan jasmani
Sedangkan sesorang dapat dikatakan sehat dari aspek mental adalah dilihat dari pikiran, emosi dan spiritualnya. Pikiran sesorang dapat dilihat sehat jika cara berpikir atau jalan pikirannya selalu menuju ke jalan yang positif tidak ke hal-hal yang negative. Kemudian emosi, emosi juga dapat menentukan keadaan sehat sesorang, jika sesorang selalu dalam keadaan senang gembira, sabar dengan kata lain dapat mengontrol emosinya maka sseseorang tersebut dapat dikatakan sehat. Namun juga bila sesorang sedang kuatir atau cemas, sedih, menangis hal itu merupakan sesuatu yang normal dalam diri sesorang.

Kemudian aspek yang terakhir adalah aspek spiritual. Spiritual juga menentukan pengertian kesehatan bahwa seseorang dapat dikatakan sehat. Perilaku bersyukur dan memiliki kepercayaan yang kuat merupakan tindakan menginterpretasikan nilai spiritual dalam diri seseorang. Dengan kata lain jika sesorang percaya dengan adanya tuhan dan melakukan ibadah dan mejalankan perintah serta menjauhi larangannya maka sesorang tersebut dapat dikatakan sehat spiritual.

Selanjutnya, kebalikan dari keadaan sehat adalah sakit. Kita tahu bahwa, sakit menurut masyarakat Indonesia adalah apabila kita tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik baru dapat dikatakan sakit. Jika terkena flu ataupun batuk tetapi masih dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik maka tidak dapat seseorang tersebut dikatakan sakit. Tapi bagaimana konsep sehat sakit sebenarnya?

Kebalikan dari pengertian kesehatan atau sehat tersebut yaitu sakit. Sakit merupakan suatu keadaan, atau kelainan, atau kejadian yang dapat mengganggu organ atau jaringan tubuh sesorang yang dapat mempengaruhi fungsi tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Keadaan atau kelainan atau kejadian tersebut di dapat karena sseseorang atau organisme tidak dapat beradaptasi dengan baik atau tepat terhadap rangsangan yang datang sehingga terjadi gangguan terhadap fungsi atau struktur dari system tubuh seseorang atau organisasi organisme. Ada juga yang mengatakan sakit merupakan keadaan yang tidak seimbang sehingga proses kehidupan tidak lagi teratur dan terganggu perjalanannya.

Pengertian Kesehatan : Enam Elemen Sehat-Sakit
Dalam artikel pengertian kesehatan juga dijelaskan enam elemen atau 6D ruang lingkup sehat sakit terdapat , yaitu Death, Disease, Disability, Discomfort, Dissatisfaction, Destitution. D yang pertama adalah Death atau Kematian, kematian adalah keadaan akhir dimana suatu organisme tidak terdapat aktivitas biologis lagi dalam tubunya, baik yang disebabkan oleh agen penyakit ataupun kecelakaan dari ketidakmampuan menyesuaikan diri dengan rangsangan yang timbul.

D yang kedua adalah Disease atau penyakit, penyakit adalah suatu keadaan dimana terdapat gangguan terhadap bentuk dan fungsi tubuh organisme atau seseorang. Penyakit dapat ditimbulkan oleh agen penyakit seperti bakteri dan virus, ataupun karena penyakit keturunan diman Antara agen penyakit, host (dalam hal ini manusia dan makhluk hidup lain) dan lingkungan saling mempengaruhi terdaap terjadinya penyakit yang dikenal dengan segitiga epidemiologi.

D yang ketiga adalah Disability atau kecacatan, kecacatan adalah suatu keadaan dimana salah satu organ atau jaringan dari makhluk hidup atau organisme tidak sesuai dengan sebagaimana keadaan normal yang membuat makhluk hidup atau organisme tersebut terbatas dalam melakukan aktivitasnya. Kecacatan lebih disebabkan oleh kecelakaan dari pada agen penyakit.

D yang kempat adalah Discomfort. Setelah suatu organisme mengalami kecacatan akibat dari suatu penyakit atau kecelakaan, maka dalam diri organisme tersebut akan timbul rasa kekurangnyamanan terhadap keadaan cacat yang diderita, dan selanjutnya akan berlanjut ke tahap D yang keempat yaitu Disatisfaction atau ketidakpuasan. Jika ketidakpuasan sudah dirasakan individu atau organisme, maka individu tersebut tidak akan dapat merasa senang untuk melakukan aktivitas yang dapat mendukung hidupnya dan hal tersebut akan berdampak terhadap ekonomi individu untuk menjadi miskin yang merupakan elemen yang terakhir yaitu Distitution atau kemiskinan.

Pengertian kesehatan : Dokter sebagai tenaga kesehatan
Dari keenam elemen diatas dalam artikel pengertian kesehatan ini, dapat disimpulkan bahwa konsep sehat sakit tidak hanya bergantung pada mekanisme adaptasi dari organisme terdadap penyakit saja, melainkan terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam proses organisme menjadi sehat ataupun menjadi sakit. Tidak hanya dari dalam individu yang berperan, tetapi lingkungan sekitar individu juga penting dalam peranan individu dalam beradaptasi terhadap rangsangan yang timbul sehingga lingkungan dapat mendukung atau menghambat dalam proses adapatasi individu atau organisme tersebut.

Konsep sehat sakit ini penting dipelajari atau diketahui agar kita dapat dengan mudah mengetahui tanda atau gejala ketika hendak sakit dan dapat langsung mendatangi pusat pelayanan kesehatan atau tenaga kesehatan untuk segera mendapat respon untuk mencegah ataupun mengembalikan tubuh ke keadaan normal atau sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *