Asam Urat, Penyakit Yang Didominasi Kaum Pria

Menurut penelitian, sekitar 90% penderita penyakit Asam Urat adalah laki-laki. Hal ini karena kaum perempuan memiliki hormon esterogen yang membantu pembuangan asam urat melalui urin.

Asam urat atau gout merupakan penyakit yang ditimbulkan akibat tingginya kadar asam urat dalam darah. Pada kaum pria, kadar asam urat dikatakan normal jika berkisar 3,5-7 mg/dL. Sementara untuk kaum wanita kadar asam urat dikatakan normal berkisar 2,6 – 6 mg/dL. Bila dalam pemeriksaan awal kadar asam urat dicatat mencapai di atas 7 mg/dL maka dapat dikatakan ia menderita Asam Urat.

Sekitar 50% penyakit asam urat, disebabkan oleh konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi. Tingginya kadar asam urat menyebabkan munculnya benjolan keras berisi serbuk kapur yang umum terjadi di daerah persendian kaki dan tangan. Jika penimbunan asam urat terjadi pada ginjal maka muncullah penyakit batu ginjal.

Kadar asam urat yang tinggi pada ginjal sebenarnya tidak menyebabkan ginjal rusak, hanya saja kemampuannya membuang asam urat jadi berkurang. Itulah sebabnya gangguan yang terjadi pada ginjal akan menyebabkan kadar asam urat meningkat atau disebut hiperurisemia. Pembuangan asam urat melalui ginjal sebanyak 70% dan sisanya (30%) akan dibuang melalui usus.

Makanan-Makanan Pemicu Asam Urat

Makanan yang memicu penyakit Asam Urat adalah makanan yang mengandung purin tinggi. Jenis-jenis makanan dan minuman yang mengandung purin tinggi tersebut adalah ikan, alkohol. jeroan (hati, otak, limpa, ginjal, paru-paru), roti, kaldu daging, dan seafood seperti udang, cumi, kepiting, ikan teri serta ikan sarden. Ikan sarden memiliki kadar purin tinggi hingga mencapai 150-180 mg. Makanan dengan purin tinggi tersebut akan diubah menjadi asam urat sehingga penderita penyakit ini dilarang menyantap makanan-makanan ini.

Sementara itu, makanan seperti kacang-kacangan, buncis, kembang kol, daging, kerang memiliki kadar purin sekitar 50-150 mg sehingga konsumsinya pun juga harus dibatasi. Namun untuk makanan seperti sayuran, susu, keju, buah-buahan, telur, dan sereal memiliki kandungan purin hanya 0-15 mg, sehingga tidak berbahaya dikonsumsi.

Gejala Asam Urat dan Obatnya

Sekitar 70-80% penderita asam urat mengalami serangan rasa nyeri, panas, dan muncul bengkak warna merah di daerah persendian. Namun, serangan tidak selalu terjadi di daerah persendian, adakalanya terjadi di daerah seperti pergelangan kaki, punggung kaki, tangan atau jari tangan. Serangan asam urat juga bisa terjadi di daerah ginjal sehingga menjadi penyebab munculnya penyakit kencing batu.

Dalam buku Tumbuhan Berkhasiat Obat, Prof. Hembing Wijayakusuma menyatakan bahwa pohon salam dapat digunakan untuk mengatasi beragam penyakit seperti asam urat, kolesterol, gatal-gatal serta diare. Penyebabnya adalah daun salam mengandung bahan-bahan kimia bermanfaat, seperti minyak atsiri, tannin, dan flavonoida. Bagian pohon yang dapat dimanfaatkan sebagai obat adalah daun, akar, batang, kulit, dan buah.

Khusus untuk mengatasi penyakit asam urat tinggi, rebus 10 lembar daun salam dengan 700 cc air hingga tersisa 200 cc air. Lalu, minumlah air rebusan tadi dalam keadaan masih hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *