Pengertian Kebudayaan Dan Kosep Kebudayaan

Pengertian kebudayaan merupakan suatu pola hidup yang turun temurun dalam masyarakat dan bersifat kompleks, luas dan abstrak dan menentukan perilaku komunikatif. Tidak jarang orang-orang sulit berkomunikasi jika Antara orang tersebut memiliki budaya yang berbeda. Namun ketika seseorang berusaha untuk tetap berkomunikasi dengan orang yang memiliki budaya berbeda, maka hal itu menunjukkan bahwa budaya itu dipelajari dengan cara menyesuaikan perbedaan-perbedaan yang ada.

Pengertian Kebudayaan | Tradisi kebudayaan berjalan turun temurun
Berbagai pengertian kebudayaan banyak dikemukakan untuk memberikan gambaran bagaimana konsep dari budaya itu sendiri. Pengertian kebudayaan dalam Bahasa Belanda berarti Cultuur, dalam Bahasa Inggris Culture dan Bahasa latin Colere yang berarti mengolah (dalam hal ini berarti mengolah atau mngerjakan tanah atau dengan kata lain menjadi seorang petani dan bertani).

Nah, dari ketiga Bahasa tersebut diperolah kesimpulan dan menghasilkan satu kata yaitu Culture yang berarti segala daya dan upaya dalam kegiatan manusia untuk mengolah atau mengubah alam.
Symbol aktivitas bertani atau petani
Sedangkan dalam Bahasa Indonesia, kebudayaan berasal dari Bahasa Sansekerta yaitu Buddhayah yang merupakan bentuk plural dari Buddhi yang mengandung makna akal atau budi, budi daya yang berarti daya dari budi dan kebudayaan merupakan suatu hasil dari cipta, karsa dan rasa.

Seperti dijelaskan sebelumnya mengenai pengertian kebudayaan, kebudayaan erat hubungannya dengan norma, hokum, adat istiadat, kebiasaan, alat-alat yang digunakan, pola hidup, kepercayaan dan masyarakat itu sendiri. setiap anggota dari suatu masyarakat sebagai seorang manusia memiliki semua unsur diatas. Seperti pada peralatan sederhana yang dipakai, mulai dari aksesoris tangan, telinga, pakaian alat rumah tangga semua merupakan unsur-unsur dalam konsep kebudayaan.

Norma adalah tangkah laku rata-rata atau khusu atau perilaku yang sering diulang-ulang. Norma juga digunakan sebgai patokan dalam aturan social tentang bagaimana seseorang berperilaku. Oleh karena itu berbeda kebudyaan berbeda juga norma yang ada dalam kebudayaan tersebut. Namun umumnya suatu kebudayaan umumnya mempunyai norma ideal yang merupakan norma penting yang dapat memehami perilaku individu dan memepengaruhi perilaku social dalam berkomunikasi mislnya.

Kemudian nilai, nilai adalah suatu konsep yang dimiliki seorang individu yang bersifat abstrak tentang bagaimana hal dapat dianggap baik atau buruk, benar atau salah dan sesuai atau tidak sesuai. Nah, inilah unsur kebudayaan yang berasal dari individu itu sendiri yang dapat mempengaruhi perilaku individu itu sendiri.

Berikutnya kepercayaan atau keyakinan. Kepercayaan ataupun keyakinan merupakan unsur penting yang merupakan konsep dari pemikiran manusia tentang semua hal yang berada di sekitarnya. Jadi kepercayaan merupakan faktor dari luar yang menyangkut individu, orang lain dan semua benda-benda hidup maupun tak hidup serta berhubungan dengan lingkungan fisik, biologic, social dan dunia supranatural atau alam bawah sadar.

Dan yang terakhir yang menjadi penting ketika suatu orang bertemu dengan orang lain adalah Bahasa. Bahasa merupakan media komunikasi yang dapat menjelaskan tujuan dari seseorang untuk berperilaku baik yang dilakukan secara verbal maupun nonverbal, dengan mnggunakan symbol atau kode yang digunakan untuk berkomunikasi.

Pengertian Kebudayaan Beserta Konsepnya Menurut Beberapa Ilmu
Adapun pengertian kebudayaan dan konsepnya menurut ilmu lain yaitu sebagai berikut:

  1. Kebudayaan menurut konsep sosiologi
    Para sosiolog memberikan pengertian kebudayaan menurut dari keilmuan sosiologi yang mempelajari interaksi social antar manusia yang satu dengan yang lain dalam masyarakat. Berikut beberapa definisi kebudyaan menurut para ahli:

    Dalam buku Dictionary of Modern Sociologi menyatakan bahwa kebudayaan merupakan pengorganisasian dari seluruh alat dan kebutuhan atau jalan dalam hidup seperti nilai, norma, peralatan pendukung kehidupan, artifak yang selalu diturunkan kepada generasi selanjutnya melalui suatu proses yang dinamakan belajar.
    Menurut Mitchell dalam kamus Soriblogy mengatakan bahwa kebudayaan merupakan proses pengulangan sebagian besar kegiatan manusia dan produk yang dihasilkan tidak hanya diturunkan secara genetic tetapi  telah mencakup secara luas tersebar di masyarakat secara social.
    Menurut Bounded et.al pada tahun 1989 mengemukakan bahwa pengertian kebudayaan adalah suatu hal yang terbentuk dari suatu proses pengembangan dari keyakinan dan kepercayaan yang dianut manusia melalui suatu symbol atau kode ataulambang –lambang tertentu. Seperti pesan-pesan yang berisi kebudayaan yang dimuat dalam media, system pendidikan, institusi atau lembaga pemerintahan dan lainnya. Kemudian Bahasa sebagai symbol penghubung dalam berkomunikasi diantara anggota suatu masyarakat untuk tersu mengalihkan atau mengembangkan kebudayaan yang dalam lingkup yang lebih luas.
    Sedangkan menurut Francis Merill suatu kebudayaan memuat dua hal, yaitu: interaksi sosial yang menghasilkan pola-pola perilaku dan semua perilaku termasuk produk dari perilaku seseorang dalam masyarakat melalui interaksi simbolik.

  2. Kebudayaan menurut konsep keilmuan antropologi
    Menurut Eri Cyclopedia of Sociology bahwa kebudayaan sudah ada pada abad ke-19. Yaitu pada zaman renaisans tentang kebudayaan eropa pada jaman dahulu yang sangat berbeda dengan masa sekarang, baik meliputi adat-istiadat, Bahasa, kepercayaan, bentuk social dan lain sebagainya. Sedangkan setelah pengenalan adanya budaya, pengakuan kebudayaan mulai muncul pada periode kedua dengan adanya Bahasa dan ritual yang berbeda Antara setiap tempat dimuka bumi dan jenis-jenis masyarakat diman secara social tinggal.

    Sedangkan menurut Malinowski, kebudayaan terdiri dari artifak dan adat istiadat yang menjadi dua aspek fundamental dalam suatu system organisasi masyarakat.
    Dan menurut kebudayaan itu sendiri adalah seseorang tidak dapat dilahirkan tanpa adanya kebudayaan sehingga kebudayaan dipelajari dari proses belajar minimal secara biologis dan bersifat universal.

    Dari beberapa pengertian kebudayaan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa, kebudayaan merupakan sesuatu yang dipelajari dan diwariskan dan dapat mempengaruhi perilaku sesorang atau masayarakat secara social yang didapat sekurang-kurangnya melalui proses belajar biologis dan bersifat luas dan abstrak. Sedangkan perwujudannya adalah dengan kebiasaan sehari-hari, alat-alat yang digunakan, seni, religi, dan system social masyarakat dalam rangka mempertahankan hidup dan mempengaruhi masyarakat. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *