Tahajud, Jalan Menuju Keistiqamahan

Alangkah damainya jika diakhirat nanti kita bertemu dengan Rasul kekasih kita Muhammad saw, hidup bertetangga dengan beliau di surga Allah.
Allah SWT berfirman dalam surat Al-Isra ayat 79:

Artinya “  dan pada sebagian malam hari, laksanakanlah shalat tahajjud, sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Rabbmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji “

Bapak/Ibu/Sdr/i yang dirahmati Allah SWT, kita semua pasti memiliki hajat(keinginan) dalam hidup ini, apakah itu berupa kesembuhan dari sakit yang diderita, keluar dari masalah (pribadi/keluarga), melunasi hutang, mengatasi kerugian, selamat dari musibah, mendapatkan jodoh, mendapatkan keturunan, diterima kerja diperusahaan yang diinginkan, meningkatkan karir,mengembangkan usaha, meningkatkan omzet, mendapatkan pemodal, mendapatkan mitra bisnis,memenangkan kejuaraan, berangkat ke Tanah Suci, berlibur ke luar negeri, punya mobil, punya rumah, dan lain-lain. Bahkan bagi Anda yang tidak punya masalah sekalipun dalam hidup ini tetapi ingiiiiiin sekali masuk surga Allah SWT.

Pertanyaannya adalah mengapa hajat  tersebut tidak kita wujudkan dengan sholat  tahajjud  secara  rutin ? Kita mengadukan semua permasalahan yang kita hadapi kepada Sang Pencipta alam semesta, Sang Penguasa jagat raya, Sang Pemilik segala yang ada, Allah SWT. Dialah sumber segala sumber solusi terhadap permasalahan hidup yang kita hadapi.

”Tidak ada kenikmatan di dunia ini yang bisa menyamai kenikmatan yang dirasakan oleh penghuni surga, kecuali kenikmatan bermunajat yang dirasakan oleh orang-orang yang senantiasa merendahkan diri dihadapan Allah SWT pada waktu malam” (Salafush shalih).
Sebaliknya, alangkah malangnya jika kita mati dalam keadaan tidak terampuni, dosa berlimpah, aib menggunung, kenistaan bagai berselimut yang membungkus. Mati dalam keadaan munafik. Mati di saat kita melakukan kemaksiatan dan dosa.

Saudaraku,
Mari tengadahkan tangan dan ucapkan, “Ya Allah tunjukkanlah kami jalan istiqamah dan karuniakan kami khusnul khatimah.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *