Sikap Zuhud

“Ruh Al Qudus (Jibril) membisikkan ke dalam hatiku bahwasanya ruh seseorang tidak akan keluar dari dunia ini hingga sempurna ajalnya dan lengkap rezekinya (yang ditetapkan baginya). Maka carilah rezeki dengan baik dan janganlah karena merasa rezekinya lambat lalu membuat kalian mencarinya dengan bermaksiat kepada Allah. Karena apa yang di sisi Allah tidak didapat kecuali dengan ketaatan kepada-Nya”
(HR Ath-Thabrani dari Abu Umamah, Shahih)

Hiruk pikuk kehidupan dunia dengan ketatnya persaingan di segala bidang banyak menjadikan manusia lupa atau pura-pura lupa aturan. Yang kuat memakan yang lemah, yang kaya ingin mendapatkan segalanya, yang lain berusaha menjatuhkan, dan begitu seterusnya. Kondisi seperti ini sangat membentuk tabiat manusia menjadi orang-orang yang buas dan menghalalkan segala cara apabila tidak berbekal dengan ketaqwaan kepada Allah.

Pembaca, Syariat Islam yang mulia telah menjelaskan sikap tepat bagi seorang muslim dalam menghadapi fenomena yang menyedihkan ini. Marilah kita simak bersama bagaimana Islam memberikan solusi sekaligus perisai dari kebuasan nafsu yang banyak melanda umat.

Apakah “Zuhud”?
Pembaca sekalian, lalu apakah sebenarnya zuhud itu? Apakah zuhud berarti meninggalkan dunia ini secara keseluruhan, memakai pakaian yang jelek dan compang-camping?

Ibnu Manzhur di dalam kitabnya, Lisanul ‘Arab menerangkan bahwa zuhud adalah kebalikan dari cinta dunia dan tamak terhadapnya.
Sedangkan Syaikul Islam Ibnu Taimiyyah mengatakan bahwa maksud dari zuhud adalah meninggalkan segala sesuatu yang tidak bermanfaat bagi akhirat.
Sehingga orang yang zuhud tidak berarti miskin, tidak bekerja, atau bahkan menelantarkan keluarganya. Tetapi mereka yang mampu meninggalkan perkara-perkara duniawi yang tidak bermanfaat bagi akhirat.

Saudaraku, jangan terlena dengan dunia, karena dunia adalah ujian. Dan dunia ini sangatlah rendah kedudukannya dalam pandangan Allah. Serta marilah kita contoh kehidupan Rasulullah SAW, karena beliau adalah sebaik-baik teladan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *